Pamer di Media Sosial



Gaess, kalian udah gak asing lagi kan sama yang namanya Media Sosial (Social Media) atau Jejaring Sosial (Social Network) such as Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, Tumblr, Flickr, Foursquare, blog, and  etc.
Kalian juga pasti tahu sama aplikasi chat online such as BBM, WhatsApp, WeChat, LINE, BeeTalk, dan sebagainya lah yang maybe you know more than me.

Just FYI aja kalo aku cuma punya akun di FB (Facebook), Twitter, IG (Instagram), sama Path. App chatting just BBM and WhatsApp.
Aku gak begitu paham sih kalo med-sos (media sosial, karena kalo sosmed itu harusnya ditulis soc-med kan ya? Whatever lah, aku gak paham soal tata bahasa) lainnya, jadi maklumin lah yaa kalo yang bakal aku tulis nanti seputar itu-itu aja, haha.

But, dari sekian banyak jenis dan model med-sos (aneh tapi yah --“) yang ada, aku pikir semua punya fungsi yang sama saja dan tidak jauh berbeda ya kan? Mulai dari bisa share musik yang kamu listen, buku yang kamu baca, film yang kamu tonton, sampek check in di sana sini dimanapun kamu berada.
Share apa yang sedang kamu pikirkan (dan biasanya sih kebanyakan apa yang kamu “rasakan” -,- ) atau istilahnya itu “update status”, padahal kurang nyambung yaa, status kan bukan itu maksudnya.
Yaa okelah whatever itu namanya. Bahkan kalo kamu punya Path, kamu cukup share di Path aja bisa langsung connect share ke akun socmed lainnya. Kalo di IG kamu cuma bisa share foto sih, tapi “Picture can talk more than words” katanya, hehe.
Yaa, pada dasarnya untuk berinteraksi sama temen lah, dan pada intinya adalah We wanna share everything alias “Dunia Harus Tahu” anything we did. Gampangnya sih kalo aku bilang nih ya : PAMER. Right?

Gak pamer gimana?
Lagi makan di mana check in Path terus share foto apa yang kita makan.
Lagi pergi ke mana check in Path terus share foto tempat yang kita kunjungi.
Lagi pergi sama siapa langsung with bla bla bla.
Lagi apa-apa langsung update di semua akun.
Lagi belanja, check in.
Lagi dengerin musik ini itu, langsung share.
Bahkan nih ya, lagi di kasur mau tidur dan bangun tidur pun pake Sleeping-Awake di Path, terus connect share ke semua akun socmed lainnya. Haha

Nah, jadi aku heran aja nih ya kalo ada yang suka nyinyir sama postingan orang lain di socmed.
Oke, wait. Nyinyir itu misalnya, ada yang lagi share foto di café terus di komen “ke café aja upload foto”.
Ada yang check in Path lagi ke mana gitu, misal ke kantor polisi, rumah sakit, toko buku, atau cuma ke rumah nenek aja juga di komen “gitu aja pake check in”.
Misalkan juga ada yang suka “berkicau” nih di twitter tentang hal-hal gak penting, mulai dari laper – ngetwit, kenyang – ngetwit. capek – ngetwit. ngeluh – ngetwit. berdoa – ngetwit. ngantuk – ngetwit. mau tidur – ngetwit. Terus di komen “apa-apa kok ngetwit, hidup di dunia maya atau di dunia nyata sih??”. Hahaha.
Lah kan fungsinya socmed emang buat begitu. Buat share anything. Buat pamer ini itu. Jadi kenapa harus dinyinyirin?

Ada juga yang misalnya nyinyir atau risih atau mungkin enek sama orang yang suka banget share one moment di satu akun, terus langsung connect share ke semua akun socmed lain. Jadi di semua akun socmednya isinya yaa sama semua.
Lah kalo dipikir-pikir yang nyuruh add atau follow semua akun socmednya siapa??
Istilahnya tuh kalo mereka bilang “nyampah” di media sosial.
Kalo aku sih, kalo emang kenal atau bener-bener temen di dunia nyata yaa it’s oke lah aku add / follow semua akun socmednya. Tapi kalo emang cuma sekedar kenal di dunia maya yaa cukup satu akun aja. Jadi nih, temen di FB, Twitter, IG, sama Path beda-beda.

Lagipula nih ya, kalo emang ngerasa risih, enek, dan terganggu dan merasa itu “nyampah”, kenapa gak di unfriend, unfollow atau unshared aja? Atau cukup follow di satu akun socmednya aja?
Atau takut ngerasa gak enak sama orang yang bersangkutan?
FYI aja, kalo di FB itu ada pengaturan yang kita bisa pilih postingan siapa yang pengen kita sembunyikan dari news feed di akun FB kita.
Ada juga fitur Close Friend yang kita bisa pilih postingan siapa aja yang perlu kita lihat.
Begitu juga di socmed lain seperti Path, Twitter dan IG kamu juga bisa pilih kan siapa aja yang mau kamu follow?
Mbok yaa cerdas dikit lah, jangan sampai jadi stupid user for your social media di smartphone kamu.

Nah yang lebih parah lagi nih yaa kalo ada orang yang suka liatin bahkan nyinyir sama akun socmed orang lain tapi gak jadi temen atau gak follow, alias “Stalking” -kebiasaan gue juga sih sebenernya, haha- tapi itu dulu, suer!
Sekarang, sejak tulisan ini diturunkan (#eeaaa), aku udah anti banget jadi stalker akun orang yang bukan temen aku atau aku unfollow siapapun yang bener-bener aku gak mau tahu lagi segala aktifitasnya.
Yaa…semacam udah sadar aja sih, kalo itu cuma buang-buang waktu dan gak penting.
Karena kalo aku memang pengen tahu aktifitasnya di socmed, pasti aku add / follow.

But me, biasanya emang suka dan demen banget “nyampah” di twitter. Semua postingan dari akun socmed lain pasti connect share ke twitter.
Aku bakal ngetwit apa aja deh mulai dari yang penting sampek yang gak berguna sekalipun.
Mulai dari yang cuma nyindir-nyindir orang sampek misuh-misuh juga alias buang-buang kuota (sombong banget, padahal kalo udah gak punya kuota galau). Haha.
Biasanya juga share berita, ngeritwitin apapun yang muncul di timeline, atau jadi banci kuis (pernah menang pulsa, buku, dan kaos. Mayan lahh :D ).
Karena aku tahu followerku cuma temen kampus dan temen maya yang kebanyakan gak kenal.
Oh iya, sama bahagiain stalker juga sih, kali aja di timeline-nya gak ada kebahagiaan jadi nyari kebahagiaan di timeline twitter akuuuhhh. Bahaha. *oke kalimat yang ini abaikan aja*.

Kalo FB juga cuma jadi tempat sampah dari postingan di Path dan IG.
Kalo Path sama IG yaa aku gunakan sebagaimana fitur yang ada lah, termasuk sekedar Sleeping-Awake nya. Haha.

So gaess, let’s open your eyes and your mind. Media sosial memang dibuat untuk pamer ini itu yang tujuannya “Dunia Harus Tahu”.
Masalah mana yang mau kamu share / tidak itu kan pilihan masing-masing orang.
Ada yang gak terlalu suka share hal gak penting, dan bisa pilah-pilah mana yang pantas untuk di share / tidak.
Ada juga yang punya socmed cuma buat pencitraan atau jaga image.
Ada juga yang misal kayak gue, yang it’s oke buat share apa aja sekalipun mungkin itu gak ada gunanya dan gak penting banget buat sebagian orang.

So, be smart aja lah.
Akunmu, media sosialmu, hakmu, duniamu.
Whatever lah apa komentar orang, yang penting gak merugikan, yang penting bijak, dan bertanggung jawab atas apapun yang kamu share di media sosial.
Right?

Oke, thank you for reading gaess.
Bye~~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 tahun blog saya mati suri... sebagai newbie, saya butuh buku ini!

Memilih keju untuk MPASI; Ibu pintar perhatikan keaslian keju lewat kampanye #KejuAsliCheck

Memanfaatkan Yummy App, Menghasilkan Cuan dari Resep Masakan tanpa Jualan