12 tahun blog saya mati suri... sebagai newbie, saya butuh buku ini!



Menulis bagi saya adalah 
healing, melepas emosi-emosi ke dalam sebuah tulisan, dan tempat menghindar sejenak dari hiruk pikuk dunia nyata. Ya, menulis akrab dengan saya bahkan sejak saya di bangku sekolah dasar. Hobi menulis diary, suka mengisi mading sekolah, menjadi pimred majalah, hingga terjun di dunia pers mahasiswa. 

#

Tahun 2010 entah kenapa tiba-tiba saya membuat blog, disaat blog belum se-booming sekarang.Belajar otodidak mencoba mengutak-atik pengaturannya, template-nya dll. 18 tahun usia saya saat itu, saat pertama kali membuat blog. Tidak ada konsistensi, menulis sekadarnya, bahkan tidak ada postingan sama sekali di tahun 2017 hingga tahun 2020. 

Kesibukan hanya menjadi ibu rumah tangga membuat ada sedikit gejolak dalam hati, apa nih yang bisa saya lakukan lagi untuk lebih produktif? Apa nih kesukaan atau hobi saya yang bisa saya lakukan untuk tetap berdaya meski hanya ibu rumah tangga? 

Sampai akhirnya saya bertemu dengan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Nama komunitasnya membuat saya tertarik karena saat itu status saya kebetulan adalah seorang ibu, yang kemudian mencoba mengingat kembali memori-memori saya ketika suka menulis dulu, Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), yaa... It's Me! Seakan jiwa saya berteriak dari dalam. 

Mulailah saya menjadi anggota IIDN dengan mengikuti beberapa kelas nulis, hingga akhirnya ketika IIDN menerbitkan buku “Ngeblog dari Nol. Panduan Lengkap Belajar Blogging untuk Pemula”, sebagai ibu yang pengen memulai ngeblog lagi tentu buku ini nggak boleh dilewatkan. 12 tahun ngeblog tidak ada kemajuan yang baik. Ya tentu saja karena jarang banget nulis!. Namun, nulis saja nggak cukup dong untuk menjadi seorang bloger? Lalu apa lagi? 

Banyak! 


Nulis yang konsisten itu jelas hal pertama. Selanjutnya adalah nulis tentang apa? Apa yang mau kita tulis di blog? Bagaimana mendapatkan ide tulisan? Bagaimana menulis yang menarik bagi pembaca. 

Kemudian berbicara sisi teknis. Bagaimana membuat tampilan blog yang menarik? Bagaimana membeli alamat blog yang belakangnya tanpa embel-embel pengembang seperti blogspot.com atau wordpress.com? Bagaimana memilih platform blog yang cocok? Apa itu Hosting dan Domain? Bagaimana memilih Hosting yang dapat diandalkan? Hingga bagaimana memilih niche blog yang cocok dan menemukan inspirasi berbagai topik tulisan. 

Lengkap semuanya dibahas dalam buku Ngeblog dari Nol. Semua pertanyaan-pertanyaan bloger newbie seperti saya sudah saya temukan jawabannya dalam buku ini. Menariknya lagi, buku ini sepaket dengan “Blog Planner”. Tidak hanya belajar menulis dan membuat konten, namun juga bagaimana kita mahir dalam melakukan manajemen blog. Hal yang tidak kalah penting dari sekadar menulis. Bagaimana kita bisa menulis dengan terstruktur, terencana, dan menghasilkan sebuah konsistensi dalam menulis. Bisa karena biasa. Membangun kebiasaan menulis tentu bukan hal yang mudah. Namun inilah tantangannya, dan Blog Planner bisa menjadi alat untuk membantu membangun konsistensi itu. 

Bagi teman-teman yang tertarik ngeblog, ingin belajar ngeblog, atau punya blog tapi sudah mati suri seperti pengalaman saya. Buku ini sangat saya rekomendasikan. 


Komentar

  1. Saya nge-blog malah karena bebas menulis di sini. Lebih banyak ruang tanpa harus mengikuti peraturan harus berapa kata atau berapa halaman.
    Selain itu juga bebas mau menulis apa saja.
    πŸ€—

    Emang asik ya brgabung dgn IIDN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes bener, Mbak. Punya banyak teman se-frekuensi yang bisa jadi support system itu juga penting ya

      Hapus
  2. Wow seumur perantauan saya ke kota Jakarte nih...saya doakan selalu eksis terus setelah ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga mbak Juwita juga lancar yaaaa. Peluk dulu kitaaa :)

      Hapus
  3. Salam kenal, Mbak. Wah, kisah kita mirip. Dulu pernah ngeblog, lalu mati suri. Alhamdulilah sekarang mulai aktif menulis lagi. Semangat menulis terus ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susahnya menulis yang konsisten yaa, Mbak. Mudah-mudahan abis ini pegang komitmen.

      Hapus
  4. Blog saya juga sudah lama mati suri. Akhir tahun lalu baru mulai lagi... dari nol. Pinginnya bisa konsisten nulis terus dan merawat blog. Tos saling semangat, Mbak..

    BalasHapus
  5. Sama nih, Mbak, blog saya juga baru bangkit dari mati suri. Alhamdulillah lebih semangat blogging setelah mendapat ilmu dari Mbak Wid dan rekan-rekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperjuangan kitaaaa. Tertatih-tatih untuk konsisten. yuk yuk saling menyemangati...

      Hapus
  6. Koq sama, mbak.. Bukan hanya mati suri, blog lama saya malah menghilang entah dimana, duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya bikin lagi ya, Mbak? Nggak apa-apa mbak. Asal semangat terus..

      Hapus
  7. Wah lama juga ya mbak. Saya baru setahunan ini ngeblog, tapi belum konsisten juga. Mari saling menyemangati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur blognya yang lama, Mbak. Cuman nggak ada isinya. Hiks. Sedih kan.

      Hapus
  8. Kita punya pengalaman yg sama mbak. Buku ini jadi bikin kita punya arahan. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku yang wajib dimiliki untuk pemula ya, Mbak. Benar-benar rekomended.

      Hapus
  9. Materi dari IIDN bikin semangat muncul lagi ya mbak. Enaknya, saat belajar di iidn kita nggak langsung bicara target yg besar. Tapi semua dilakukan step by step dengan penuh kesadaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Kelasnya isinya nggak kaleng-kaleng tapi Santai dan nggak menekan. Snatai tapi punya tujuan. Keren ih mah pokoknya.

      Hapus
  10. Yes.. benar mbak, buku ngeblog dari nol benar-benar buku jitu bagi pemula sama seperti yang saya rasakan, bagaimna memulai menulis dan selanjutnya, apa yang harus dilakukan dengan tulisan. Keren.

    BalasHapus
  11. saya sependapat mb. Buku ngeblog dari nol memang panduan belajar bagi para newbie dan menjawab kebingungan yang sering melanda para blogger pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar-benar rekomen untuk pemula yang bingung harus mulai dari mana.

      Hapus
  12. Buku Ngeblog dari Nol ini memang sangat membantu sekali buat blogger-blogger pemula seperti saya

    BalasHapus
  13. Membaca tulisan ini membuat saya mengingat penyesalan karena menghapus blog lama saya... Kenapa juga aku hapus sihπŸ˜₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mbak. Bisa jadi dengan blog baru ada semangat baru. Ya nggak?

      Hapus
  14. kereeenn... ngeblog dari usia 18 tahun 😍 kenapa ya saya jg gak ngeblog dari dulu padahal temen deket ada yg jadi blogger 😁 semangat mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu, Mbak. Saya juga kadang agak takjub sama diri sendiri. Dulu kamu bisa loh. Harusnya hari ini sudah bisa berbuat lebih dibandingkan kamu yang dulu. Tapi kita harus tetap menerima ya, Mbak. Penerimaan diri dengan sepenuh hati.

      Hapus
  15. Wow.. 12 tahun? Lama juga yaaa... Dan kerennya, masih bisa dibuka lagi ini blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Karena emailnya masih terus saya pakai juga dari dulu awal kuliah. Jadi blognya masih bisa dibuka cuma sayang nggak ada post nya aja. Hiks :(

      Hapus
  16. Aku awal buat blog, dibuatin teman. Padahal dia udah buatkan yang responsif, eh akunya ga konsisten nulis sampai itu blog juga mati suri. Semoga di blog yang ini, aku bisa lebih rajin menulis.

    BalasHapus
  17. Semangat menulis ...untuk menjaga konsistensi emang dibutuhkan support sistem yang baik. Semuanya ada di IIDN

    BalasHapus
  18. Sama mba, saya buat blog sejak 2011. Tiap tahun ada sih isinya, tapi ga fokus. Sesukanya aja.
    Sejak akhir tahun kemarin, baru mulai fokus menentukan ngeblog.
    Semangat Mba.. πŸ‘

    BalasHapus
  19. Hebat2 ya... Semua komitmen nulisnya semakin intens. Sy belum konsisten nulis nih, sempat semangat nulis... Eh begitu perpanjangan jadi kepikiran.... Kudu cari cuan nyata

    BalasHapus
  20. Alhandulillah aktif ngeblog lagi berkat buku Ngeblog dari Nol, ya, Mba. Saya juga serasa terbantu sekali dengan detail dunia blogging yang termuat di buku tersebut. Salam kenal, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat IIDN, kelas-kelas, dan bukunya :) Salam kenal juga Mbak Karunia...

      Hapus
  21. Beruntung ya kak. Dipertemukan banyak relasi, jadi bisa kembali aktif menulis di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, Relasi penting juga kan yaa mbak. Sebagai support dan saling motivasi juga :)

      Hapus
  22. Saya punya buku yang sama tapi sepertinya edisi pertama, grup IIDN juga yang menulis pengalaman mereka bikin saya jadi semangat nulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. ini buku sudah disempurnakan lagi karena dari wordpress dan blogger nya juga ada beberapa yang udah berbeda...

      Hapus
  23. udah lama juga ya mba ngeblog sejak tahun 2010, uwow mba meski pasang surut nulisnya ya sama saya juga sejak 2012 ya begitu hehehe. baru tahun 2018 kembali aktif. aku telat terus nih tau soal IIDN, jarang buka grupnya di FB, huhuhu

    BalasHapus
  24. iya mbak, sy juga mau belajar ngeblog dengan baik dan bener ga asal ngeblog lagi seperti dulu

    BalasHapus
  25. Pertama lihat di FB ada komunitas IIDN entah kenapa langsung Mak deg🀭.berasa Nemu mata air di tengah gurun .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa, Aku Banget Lochhhh. KIta Ibu-ibu dan Doyan Nulis :)

      Hapus
  26. Masha Allah mbak, lama juga ya 12 tahin tapi masih ttp nulis, keren mbak nya euy..bagiku menulis itu self healing theraphy, soo, harus ttp semangat ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga mbak, tempat menghindar dari hiruk pikuk dunia nyata :)

      Hapus
  27. Aku pernah merasakan. Membuat blog lalu mengabaikan. Sekarang nggak lagi deh. Ternyata ngeblog nggak hanya sekedar healing doang. Kita bahkan bisa mendapatkan cuan dari ngeblog. Maknyus pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serunya mbak sudsh bisa dapat cuan dari blog πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih keju untuk MPASI; Ibu pintar perhatikan keaslian keju lewat kampanye #KejuAsliCheck

Memanfaatkan Yummy App, Menghasilkan Cuan dari Resep Masakan tanpa Jualan