Jilboob? Ya bagus dong!


Pake kerudung sih gampang, tinggal nyantolin di kepala, lipet, puter, ato gimana lah sesuka selera, peniti-in, udah.
Tapi syar’i dan ISTIQOMAH-nya itu yang susah.
Syar’i artinya sesuai dengan aturan dalam Islam. Harus panjang, menutupi, dada, tidak transparan, tidak menonjolkan bentuk rambut yang terkenal dengan istilah Jilbab Punuk Unta.

Seperti dalam gambar, ada benjolan menyerupai sanggul di bagian belakang agak ke atas kepala, sehingga terlihat menonjol.
Dikatakan Syar’i tak cukup hanya dilihat dari konteks jilbabnya. Otomatis pakaian yang digunakan juga harus syar’i. Misalnya harus longgar atau tidak ketat sehingga tidak menonjolkan lekuk tubuhnya. Kalo pake celana jeans minimal pake 1 / 2 size lebih besar dari ukuran pas-nya. Syukur –syukur kalo lebih memilih pake rok atau dress longgar yang syar’i.
Syarat kedua Istiqomah.
Istiqomah untuk gak lepas-lepas jilbab di depan laki-laki yang bukan muhrimnya.
Istiqomah karena sadar berjilbab adalah kewajiban.
Bukan karena sekedar identitas seperti tag name kantor yang kemudian bisa dilepas ketika di luar kantor.
Sama wajibnya dengan seperti istiqomah untuk shalat 5 waktu.
Atau ada yang berniat akan berjilbab dan berpakaian syar’i nanti saja kalau sudah menikah karena tidak ingin suami menanggung dosanya.
Tak sadarkah bahwa sebelum menikah anak perempuan adalah tanggung jawab ayah?
Kemudian muncullah istilah “Jilboob” pada penggunaan jilbab yang tidak memenuhi kriteria syar’i dan istiqomah. Berjilbab tapi jilbabnya tidak menutupi dada, masih menggunakan baju-baju super ketat sehingga menonjolkan bentuk tubuhnya dengan jelas.

Well, sebagian orang yang pertama kali melihat hal seperti itu akan memberi komentar-komentar sinis seperti : “Ih, ngapain berjilbab kalo masih seksi gitu? Mending lepas aja deh jilbabnya”. Atau “Percuma berjilbab kalo masih menarik perhatian cowok, mending kita gak berjilbab tapi bajunya sopan”, dan sebagainya.
Oh ya? Mungkin sebagian orang juga masa bodo sih dengan hal ini, karena mereka menganggap bahwa style berpakaian adalah hak pribadi masing-masing orang. Tapi jika hal itu menyangkut syariat agama, gak ada salahnya kan saling mengingatkan?
Tapi jangan keburu mengomentari dengan sinis. Coba kita lihat dari sisi positifnya.
Satu. Setidaknya mereka satu step lebih maju daripada perempuan yang tidak mau pake jilbab. Minimal mereka udah melaksanakan kewajibannya untuk berjilbab, yang meskipun juga belum syar’i dan istiqomah. Semua hal ada proses dan ada step-stepnya kan? Ibaratnya mereka masih dalam step awal untuk lebih baik.

Dua. Buat aku pribadi, adanya fenomena jilboob dan pandangan sinis orang terhadapnya membuat hal ini bisa jadi pengingat sekaligus kontrol pada diri aku sendiri untuk lebih hati-hati memilih pakaian. Misalnya pas mau pergi, milih-milih baju, trus ngaca gitu di depan cermin. Ada pikiran kira-kira kalo aku pake baju ini termasuk ketat gak ya, aku memperlihatkan bentuk tubuh gak ya, ntar dinilai jilboob gak ya. Nah jadi dari diri aku sendiri juga bakal milih-milih pake baju biar gak dikomentari negatif sama orang yang akhirnya mengundang orang untuk membicarakan orang lain alias ngerasani.
Jilboob tidak sepenuhnya buruk dan kemudian harus disikapi atau dipandang sinis. Mereka sedang berproses untuk menjadi lebih baik. Coba deh tanya sama jilbaber, yang sekarang sudah pake baju syar’i, gamis/dress panjang, longgar, jilbab lebar, sampek-sampek kalo mau shalat gak usah repot pake mukena lagi karena bajunya sudah sangat menutupi aurat. Saya kira dulu mereka juga mengalami proses ketika mereka masih pake baju yang bisa dibilang jilboob, masih lepas-pake lepas-pake jilbab juga, atau masih pake jilbab yang belum lebar.

Setelah baca tulisan ini, mungkin sebagian pembaca akan ada yang komen dan sinis sama penulisnya justru, hehe. “Alah sok suci, sok baik, kayak yang dirinya sendiri udah bener aja. Kayak yang dirinya sendiri udah pake jilbab dan baju yang syar’i”.
Tidak..tidak..saya tidak merasa saya sudah paling benar atau lebih baik dari mereka.
Justru ini jadi warning untuk diri saya sendiri. Saya juga masih dalam proses belajar.
Saya juga masih suka pake celana kemana-mana. Pake jilbab juga gak panjang-panjang amat. Saya juga masih iri sama temen-temen yang sudah bisa dibilang “Jilbaber” dengan jilbabnya yang lebar dan panjang.
Dulu, saya pake jilbab bukan niat dari hati. Tapi karena aturan sekolah sejak Tsanawiyah dan Aliyah. Jadi kalo udah pulang sekolah ya kemana-mana gak jilbaban.
Kemudian kuliah masih pake jilbab hanya karena malu kalo lulusan aliyah gak jilbaban.
Beruntung juga dulu kuliah sambil tinggal di pesantren. Jadi takut kalo mau lepas jilbab.
Kalo dulu saya tinggalnya nge-kos mungkin juga bakal ikut-ikutan lepas-pake lepas-pake jilbabnya. Jadi saya iri sama temen-temen yang sudah hijrah pake jilbab karena niat dari dalam hatinya sendiri, bukan karena faktor lingkungan seperti saya.
Tapi Alhamdulillah, lama-lama saya tahu kalo pake jilbab itu bukan sekedar mode atau paksaan, tapi kewajiban syari’at islam yang harus di-istiqomah-i. Ingat sama kata-kata temen di salah satu tulisan di blognya (http://kangridwan.wordpress.com/2014/08/27/sebisa-mungkin/) bahwa kita tidak dituntut untuk sempurna hanya karena ingin mengajak kepada kebaikan atau mencegah keburukan. Bukan berarti kita harus jadi ustadzah dulu untuk mengingatkan orang lain. Bukan berarti harus bebas dari dosa untuk mencegah orang lain berbuat dosa.
Ada satu Quote bagus yang mungkin sudah banyak beredar di social media.
Wanita berjilbab memang belum tentu sholihah. Tapi wanita sholihah pasti berjilbab.
Mari, jika kita ingin digolongkan wanita sholihah lahir dan batin, mulailah ketaatan kita pada kewajiban berjilbab. Jilbab yang Syar’i dan Istiqomah.
Terlepas dari perdebatan istilah jilbab, kerudung, khimar, burqo, dan sebagainya.
Semoga bermanfaat, syukur-syukur menjadi jalan pembuka hidayah.
Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 tahun blog saya mati suri... sebagai newbie, saya butuh buku ini!

Memilih keju untuk MPASI; Ibu pintar perhatikan keaslian keju lewat kampanye #KejuAsliCheck

Memanfaatkan Yummy App, Menghasilkan Cuan dari Resep Masakan tanpa Jualan