Sambal goreng cinta



Teringat kejadian suatu pagi ketika saya baru bangun untuk sahur dalam keadaan yang sangat mengantuk. Pasalnya saya baru tidur dini hari jam 01.00 dan harus bangun sahur jam 03.00. Setelah cuci muka saya langsung ke dapur buat goreng telur. Kebiasaan saya makan sahur cukup dengan nasi hangat dan telur dadar kalo lagi di rumah.
Sampai di dapur, saya langsung dongkol melihat dua buah tempe yang belum diapa-apain sama ibuk. Padahal semalem saya sudah minta dibikinin sambal goreng kering buat dibawa ke jember pagi ini, harusnya semalem langsung dibikinin karena saya berangkat jam 6 pagi. Dalam hati saya jadi menggerutu sendiri, ibuk ini ngapain sih semalem kok gag dibuatin, kebetulan semalem saya sedang tidak di rumah dan baru pulang sekitar jam 10 malam langsung tidur jadi tidak sempat bertanya sudah dibuatin atau belum. Apalagi sekarang beliau tidak bangun sahur karena tidak bisa berpuasa, huufh, tambah dongkol hati saya.
Selesai sahur saya masih merengut dan menggerutu sendiri, hati juga masih dongkol. Mau bikin sendiri gag bisa, mau bangunin ibuk sungkan. Akhirnya selesai sholat subuh dari musholla saya mendengar ada suara di dapur, setelah melipat mukena dan menyapu musholla saya langsung menuju ke dapur, saya lihat ibuk sedang mengiris tempe-tempe yang membuat saya kesal tadi. “Duh nduk, semalem ibuk nyariin tempe kemana-mana ini susah nemunya, pada habis, ini aja belinya di pasar malam yang udah mau tutup, itupun tempe belum jadi, harus dibiarkan dulu semalaman biar jadi tempe. Makanya ibuk baru bikinkan sekarang nih sambal goreng tempenya. Kamu berangkat jam berapa? Nggak telat kan? Mandi dulu sana.” kata ibuk menjelaskan dengan panjang lebar. Mata saya langsung hangat dan berkaca-kaca, dalam hati saya “sepuntene buk, tanpa tahu alasannya saya cuma bisa menggerutu daritadi, tanpa mau tahu bahwa semalam ibuk mencarikan tempe buat saya kemana-mana.”
Betapa berdosanya saya yang hanya bisa meminta dan mengeluh. Mungkin memang sepele, tapi saya tahu ada cinta yang tidak bisa disepelekan di balik sambal goreng tempe buatan ibuk. Terima kasih buk, pagi itu saya kembali dengan mata berlinang sepanjang jalan dan dengan hati penuh rasa bersalah yang ibu balas dengan hati penuh cinta.
Love you mom :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 tahun blog saya mati suri... sebagai newbie, saya butuh buku ini!

Memilih keju untuk MPASI; Ibu pintar perhatikan keaslian keju lewat kampanye #KejuAsliCheck

Memanfaatkan Yummy App, Menghasilkan Cuan dari Resep Masakan tanpa Jualan