Arti angka dua bagi saya - My Twenty's Birthday


Apa yang kamu rasakan ketika pertama kali mencapai umur dengan kepala 2 [20] ?
Apa itu artinya tidak lagi dikatakan remaja?
Apa itu artinya kita harus menjadi dewasa?

Bagi saya tidak ada yang istimewa, hidup harus saya maknai hari demi hari bukan tahun demi tahun hanya ketika tepat di hari lahir saja. Katanya tua itu pasti namun dewasa adalah pilihan. Tapi saya tidak tahu pasti dimana batasan antara tidak lagi remaja dan menjadi dewasa, menurut saya dewasa itu berarti mampu mengontrol emosi dirinya sesuai dengan tempat dan porsinya. Hari ini -menurut kalender perhitungan Masehi- saya tepat 20 tahun. Sayang sekali, saya tidak tahu pasti tanggal lahir saya menurut kalender Hijriyah yang pastinya akan lebih dari 20tahun pada hari ini karena jumlah hari dalam kalender Hijriyah lebih sedikit daripada kalender Masehi. Tapi dengan bantuan aplikasi Hijri Calender di netbook saya, hanya dengan meng-input tanggal dan tahun Masehinya maka akan secara otomatis kita juga tahu tanggal Hijriyahnya, dan Kamis, 6 Agustus 1992 M itu bertepatan dengan Kamis, 7 Safar 1413 H. Jadi secara Hijriyah umur saya sudah 20 tahun 7 bulan.

Terlepas dari perbedaan itu, 6 Agustus tahun ini -2012- bertepatan dengan 17 Ramadhan 1433H yang semalam diperingati sebagai malam Nuzulul Qur’an. Beruntung sekali karena tidak setiap tahun, ulang tahun saya secara Masehi akan bertepatan dengan 17 Ramadhan atau bertepatan di bulan Ramadhan. Alhamdulillah dua tahun berturut-turut sejak tahun 2011 kemarin ulang tahun saya bertepatan dengan bulan Ramadhan yang insyaallah tahun depan masih sempat bertepatan dengan akhir Ramadhan lagi. Mungkin sebenarnya memang tidak ada korelasinya antara ulang tahun saya dengan bulan Ramadhan ini, tapi bagi saya menjadi lebih istimewa karena dapat menjadi sebuah momentum untuk lebih bisa merenungi dan memperbaiki diri saya menjadi lebih baik, Insyaallah. Tidak ada keinginan yang terlalu muluk, kalaupun ada, saya hanya ingin surprise cake yang mungkin ada yang mau berbaik hati memberi saya Fruit Cake Tiramisu seperti yang di tivi-tivi itu. Maklumlah, anak desa gag pernah makan begituan. Hehe.

Namun jauh dalam hati saya, saya hanya bisa berdoa yang terbaik dan berterima kasih untuk abah dan ibuk serta orang-orang yang banyak berperan dan mensupport hidup saya. Kakak, adik, sepupu, nenek, teman-teman dan sahabat-sahabat saya hingga sampai pada 20 tahun saya menjalani usia yang diberikan tuhan. Saya tidak tahu berapa lama lagi saya diberi kesempatan untuk tetap bisa bangun lagi setiap pagi setelah semalam ruh saya berada dalam kekuasaan tuhan. Saya hanya berharap hidup saya diridhoi dan diberi keselamatan dunia akhirat. Apa yang saya lakukan menjadi tidak sia-sia selama itu mendapat Ridho dariNya. Semoga dengan momentum Ramadhan di hari ini, ibarat sebuah kepompong yang sedang mempersiapkan diri dalam penuh kesabaran untuk menjadi kupu-kupu yang sangat indah karena tidak ingin tetap menjadi ulat yang menjijikkan.

Usia bukan soal sebuah angka, tapi bagaimana mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat baik bagi diri sendiri terutama juga bagi orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Semoga saja tulisan ini tidak hanya berakhir menjadi sebuah tulisan, tetapi dapat menjadi pengingat dan cambuk bagi saya sendiri untuk menjadi pribadi yang terus lebih baik lagi. Kalo saya lupa diingetin ya, bukankah kita diperintahkan Tuhan dalam firmanNya untuk saling menasihati dalam kebenaran dan saling menetapi dalam kesabaran agar tidak menjadi orang yang merugi (Q.S Al-Asr).

Let’s be a good Muslimah : )
Aamiin ya Allah :*
Senin, 6 Agustus 2012 M
17 Ramadhan 1433 H



Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 tahun blog saya mati suri... sebagai newbie, saya butuh buku ini!

Memilih keju untuk MPASI; Ibu pintar perhatikan keaslian keju lewat kampanye #KejuAsliCheck

Memanfaatkan Yummy App, Menghasilkan Cuan dari Resep Masakan tanpa Jualan